Sabtu, 02 Oktober 2010

Pengaruh dalam Kelompok-kelompok Sosial


Pengaruh dalam Kelompok-kelompok Sosial

Pengertian kelompok
Kelompok adalah kumpulan dari dua atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung ( interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, menyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi ( Cartwright & Zander, 1968; Lewin, 1948)

Sedangkan ada istilah lain yaitu Agregat, Agregat di contohkan seperti sekumpulan orang yang sama-sama berada di suatu tempat ( perpustakan, halte bus, dll) tetapi tidak saling berinteraksi dan memiliki tujuan sendiri-sendiri, itu tidak masuk dalam subuah kelompok karna mereka tidak mempunyai tujuan yang sama dan tidak saling berinteraksi.

Manfaat-manfaat orang bergabung dengan sebuh kelompok

1.  Orang-orang lain dapat menjadi sumber informasi yang penting
2. Kelompok juga menjadi bagianyang penting dari identitas kita, yang mendefinisikan siapakah diri kita
3. Kelompok juga membantu menegakan norma sosial,aturan yang eksplisit maupun aturan yang implicit mengenai perilaku yang dapat diterima.

Norma sosial & peran sosial dalam kelompok

Membahas mengenai norma sosial, norma sosial itu sendiri merupakan penentu perilaku yang penting. Semua masyarakat memiliki norma mengenai perilaku mana yang diterima, yang semua anggotanya di harapkan mematuhi. Norma suatu kelompok berbeda dengan kelompok lain, diamana kekeuatan norma dalam mennentukan perilaku menjadi jelas bila kita terlalu sering melanggarnya : kita dijauhi oleh anggota lainnya, dan dalam kasus yang ekstrim di tekan untuk keluar dari kelompok. Selain membahas mengenai norma sosial itu sendiri disini saya juga akan membahas sedikit mengenai peran sosial, sebagian besar kelompok memiliki sejumlah peran sosial yang didefinisikan dengan jelas. Misalnya, pimpinan dan oegawai dalam suatu organisasi bisnis memiliki peran yang berbeda, dan di harapkan bertindakdengan cara yang berbeda dalam lingkungan kerjanya. Seperti halnya norma sosial, peran sosial membantu orang-orang mengetahui apa yang diharapkan satu sama lain. Bila anggota kelompok melaksanakan suatu peranyang didefinisikan dengan jelas, mereka cenderung puas dan memiliki performa yang baik. Yang dapat disimpulkan adalah bahwa peran sosial adalah suatu harapan bersama dalam kelompok mengenai bagaimana orang-orang tertentu diharapkan berperilaku.

sumber : handout psi sosial II / MM. Nilam Widyarini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar