Selasa, 12 Oktober 2010

Alasan seseorang berorganisasi

Memebahas mengenai ketertarikan seseorang untuk masuk kesebuah perkumpulan ,saya disini akan sedikit berpendapat tentang pandangan saya terhadap seseorang yg tertarik untuk masuk ke dalam sebuah organisasi/kelompok. Organisasi itu sendiri ada suatu perkumpulan yang didirikan oleh sekelompok orang tertentu memiliki alasan dan tujuan. Seorang pakar bernama Herbert G. Hicks mengemukakan dua alasan mengapa orang memilih untuk berorganisasi: 

a. Alasan Sosial (social reason), sebagai “zoon politicon ” artinya mahluk yang hidup secara berkelompok, maka manusia akan merasa penting berorganisasi demi pergaulan maupun memenuhi kebutuhannya. Hal ini dapat kita temui pada organisasi-organisasi yang memiliki sasaran intelektual, atau ekonomi. 

b. Alasan Materi (material reason), melalui bantuan organisasi manusia dapat melakukan tiga macam hal yang tidak mungkin dilakukannya sendiri yaitu:
1) Dapat memperbesar kemampuannya
2) Dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk mencapai suatu sasaran, melalui bantuan sebuah organisasi.
3) Dapat menarik manfaat dari pengetahuan generasi-generasi sebelumnya yang telah dihimpun.

Dari segi positive yang saya liat , ada beberapa orang yang ingin masuk ke sebuah organisasi atau kelompok dengan tujuan untuk mengasah kemampuan diri mereka,atau untuk saling bertukar pikiran maupun berbagi informasi, saya contohkan seperti seorang ibu rumah tangga yang tertarik untuk bergabung dengan kelompok ibu-ibu pengajian yang rutin dilakukan di komplek perumahannya,dengan tujuan ibu rumah tangga itu sendiri dapat memperluas pengetahuannya mengenai agama dan dapat bertukan pikiran dengan anggta-anggota lainnya.

Tidak hanya dari segi positive dari segi negative pun ada, contohnya anak remaja pada umumnya,ketika mereka merasa dirinya sudah mulai tumbuh dewasa dan mengalami masa-masa pubertas, mereka akan mencari jati dirinya secara luas. Tak jarang anak-anak sekarang belum berpikir secara matang, seperti halnya anak-anak remaja sekarang menganggap bahwa merokok, menggunakan narkoba itu adalah suatu hal yang diannggap akan menaikan jati dirinya di mata orang lain, tidak hanya itu sekarang yang sedang marak diperbincangkan adalah mengenai kumpulan geng motor, menurut saya beberapa orang yang masuk ke dalam suatu kelompok tersebut tentunya mempunyai ketertarikan sendiri terhadap keompok yang ingin mereka ikuti,pada contoh kasus geng motor, salah satu anak yang pernah di wawancara mengenai alasan mereka masuk ke dalam komunitas tersebut adalah inggin adanya penghargaan diri yang diterima,mereka berpendapat bahwa apabila mereka masuk kedalam komunitas tersebut mereka akan terlihat keren,atau di takuti oleh orang-orang disekitar.. 

jadi pada kesimpulannya alasan seseorang masuk kedalam sebuah kelompok terentu itu adalah adanya kertarikan interpersonal terhadap kelompok yang ingin mereka ikuti,adanya aktivitas-aktivitas yang menarik maupun tujuan-tujuan dari kelompok tersebut walaupun tidak semua tujuannya membawa kea rah yang lebih positive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar