Sabtu, 30 Oktober 2010

Pandangan dari Perbandingan Sosial

         Dalam tahap forming selain adanya pandangan dari proses pertukaran sosial,ada pula pandangan pembandingan sosial dalam terbentuknya sebuah kelompok, yang pertama saya akan menjelaskan mengenai teori dari perbandingan sosial itu sendiri ( Socia Comparison Theory)
Teori atau pendekatan perbandingan sosial ini mengemukakan bahwa tindak komunikasi dalam kelompok berlangsung karena adanya kebutuhan-kebutuhan dari individu untuk membandingkan sikap, pendapat dan kemampuannya dengan individu-individu lainnya. Pada pandangan teori perbandingan sosial ini, tekanan seseorang untuk berkomunikasi dengan anggota kelompok lainnya akan mengalami peningkatan, jika muncul ketidak setujuan yang berkaitan dngan suatu kejadian atau peristiwa, kalau tingkat kepentingannya peristiwa tersebut meningkat dan apabila hubungan dalam kelompok (group cohesivenes) juga menunjukkan peningkatan.
Selain itu, setelah suatu keputusan kelompok dibuat, para anggota kelompok akan saling berkomunikasi untuk mendapatkan informasi yang mendukung atau membuat individu-individu dalam kelompok lebih merasa senang dengan keputusan yang dibuat tersebut.Teori perbandingan sosial ini diupayakan untuk dapat menjelaskan bagaimana tindak komunikasi dari para anggota kelompok mengalami peningkatan atau penuruanan.
Mengenai keterkaitan antara tahap forming dengan pandangan perbandingan sosial iru sendiri, Menurut Leon Festinger (1950, 1954) Forming merupakan orang membutuhkan orang lain karena mereka membutuhkan informasi tentang diri mereka dan lingkungan mereka dan kebutuhan akan informasi. Ini hanya dapat dipenuhi dari orang lain. Individu membandingkan diri mereka dengan orang lain tentang keyakinan, opini dan sikap mereka apakah benar, valid, sesuai.

sumber : http://shindohjourney.wordpress.com/seputar-kuliah/komunikasi-kelompok/
              Handout. Psi Kelompok  Klara Innata Arishanti, S .Psi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar