Kamis, 28 Oktober 2010

Pembentukan kelompok ditinjau dari segi sosiobiologi


B. Pandangan Sosiobiologi

Sosiobiologi diambil dari 2 kata yaitu sosio dan biologi, sosiologi itu sendiri adalah Ilmu yang telah berkembang sejak lama, ilmu ini mencoba menerangkan bagaimana manusia berinteraksi, pengertian "Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat, perilaku masyarakat, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Sedangkan pengertian Sosiobiologi itu sendiri adalah dekripsi gejala sosial yang dianalisis dari sisi ilmu biologi.

Membahas mengenai keterkaitan kelompok dengan sisiobilogi adalah dimana menurut pandangan sosiobiologi ini, orang bergabung dengan kelompok untuk memuaskan keinginan yang kuat untuk berafiliasi secara biologis.
Dimana alasan ini didasarkan pada  teori evolusi dari Charles Darwin : bergabung dengan anggota lain dari satu spesies merupakan ekspresi strategi yang stabil secara evolusioner dan kultural dari individu yang dapat meningkatkan rerata kesuksesan reproduksi.

Sumber : (http://id.wikipedia.org/wiki/Sosiologi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar