Kamis, 28 Oktober 2010

Model Lima Tahap Dasar Kelompok (Five Stages Model).

Model ini dikemukakan pertama kali oleh Bruce W. Tuckman, sesuai dengan namanya terdiri dari 5 tahap dalam mengembangkannya termasuk juga dalam rangka mendirikan dan membesarkan kelompok.

Forming
Tahap pertama disebut forming. Dalam tahap ini beberapa orang dengan sengaja menggabungkan dirinya membentuk (perform) kelompok. 

Stroming
Tahap ke dua setelah terbentuknya kelompok maka beberapa orang anggota kelompok membuat keributan (storming), karena ternyata dalam dalam mencapai tujuan bersama tidaklah mulus dan sering terjadi perbedaan pandang dan perbedaan cara mencapai tujuan. 

Norming
Keributan-keributan itulah yang mendorong anggota kelompok menciptakan aturan dan norma (norming). 

Performing 
Maka setelah terbentuk aturan, tata tertib dan norma bahkan budaya yang disepakati bersama maka kelompok tersebut akan masuk ke tahap performing di mana seluruh anggota merasa nyaman untuk bekerja dan mencapai kinerja optimal. 

Adjouring
Tahap terakhir yaitu tahapan saat seluruh anggota kelompok berusaha mempertahankan kondisi karena sudah merasa nyaman dinamakan adjourning. Pada tahap adjourning ini para anggota kelompok terfokus pada penyelesaian tugas dan bila memang kerja kelompok tersebut hanya temporary maka para anggota kelompok akan merasa kehilangan pertemanan dan kerjasama yang selama ini telah terjalin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar