Sabtu, 30 Oktober 2010

Penyebab Konflik Kelompok

Konflik yang terjadi dalam sebuah kelompok sangat lah mustahil apabila tidak adanya sesuatu yang mendorong untuk timbulnya permasalahan dalam sebuah kelompok, diantaranya :

•Interdepence
tidak semua interdependence menyebabkan konflik, jika:
  • Ada kerjasama antar anggota dalam interdepence shg konflik ↓, maksudnya ketika dalam setiap anggota didalam kelompok itu memiliki kerjasama maka cenderung akan menurunkan konflik yang ada.
  • Ada kompetisi antar anggota dalam interdepence shg konflik ↑,Berbanding terbalik, jika diantara anggota kelompok itu saling berkompetisi, maka situasi akan semakin memanas dan cenderung akan meningkatkan konflik yang ada. Menurut Deutch (1949):
  1. pure cooperation → promotive interdependence : dengan menolong
  2. pure competition → contrient interdependence : anggota bisa meraih tujuannya hanya jika anggota lain gagal memilihnya.

•Influence strategies
Stategi Untuk mempengaruhi orang lain, seperti Ancaman, Hukuman dan TReinforcement juga akan meningkatkan konflik yang ada.

•Misunderstanding dan misperception
Kadang ketika adanya konflik sering terjadinya kesalahpahaman-kesalahpahaman yang akan membuat konflik yang telah ada menjadi semakin memburuk didalamnya.


sumber :  Handout Psi Kelompok Klara Innata Arishanti, S.Psi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar