Senin, 18 Oktober 2010

PSIKOLOGI MASSA

Pada dasarnya pengertian Psikologi itu sendiri adalah dari kata yang di ambil dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata yang dalam arti bebas adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia.

Sedangkan pengertian Massa itu sendiri adalah sekumpulan banyak orang ( ratusan,bahkan ribuan) yang berkumpul dalam suatu kegiatan yang sifatnya sementara, untuk kelompok massa sendir mereka tidak mempunyai struktur yang baik.

Beberapa pengertian dari psikologi massa :

a. Psikologi massa dapat di defenisikan sebagai studi yang mempelajari mengenai tingkah laku banyak orang atau kumpulan manusia-manusia mengenai kelompok-kelompok yang terorganisir dengan longgar sekali (kamus lengkap psikologi)

b. Psikologi massa adalah psikologi yang khusus mempelajari tingkah laku manusia dalam loosely organized group (chaplin.1972).


Sumber : handout “psikologi kelompok” ( oleh Klara Innata Arishanti, S.Psi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar