Selasa, 16 November 2010

KOHESIVITAS KELOMPOK

Membicarakan mengenai kelompok dan isinya maka kita singgung terlebih dahulu apa itu kelompok, kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan saling bergantung dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama yang nantinya menyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi. Dimana sebuah kelompok, seperti makhluk hidup yang lain, terus berkembang dari waktu ke waktu. Dalam satu kelompok mungkin dimulai dari sekumpulan orang asing yang tidak saling mengenal, tetapi seiring waktu, secara tiba-tiba kelompok tersebut memberikan sebuah kohesifitas sehingga anggota-anggotanya menjadi sebuah kelompok sosial yang erat.

Pengertian kohesivitas menurut Collins dan Raven (1964)  adalah kekuatan yang mendorong anggota kelompok untuk tetap tinggal di dalam kelompok dan mencegahnya untuk keluar kelompok. Namun terdapat penjelasan lain mengenai apa kohesivitas itu, adalah dimana Kohesivitas merupakan suatu kualitas kelompok yang meningkatkan anggota- anggotanya dan meningkatkan rasa sukar antar anggota . Dimana semakin kohesif suatu kelompok, semakin besar keinginan anggota untuk tetap berada dalam kelompok, ambil bagian dalam aktivitas kelompok , dan mencoba menarik anggota-anggota baru yang sepaham dan sependirian. 

Jika fungsi kelomopok adalah untuk bekerja sama memecahkan masalah, misalnya tim marketing sebuah perusahaan yang situasinya lebih kompleks. Bersama-sama melakukan tugasnya dengan baik maka akan menyebabkan kelompok menjadi kohesif, tetapi ini terjadi hanya bila tugasnya memerlukan kerja sama anggota secara dekat, misalnya pada tim sepak bola. 

sumber : Handout Psi Sosial II "Proses-Proses Sosial/ MM. Nilam Widyarini
            Handout Psi Kelompok Klara Innata Arishanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar